Pages

Thursday, September 18, 2008

Saling Desak Saat Pembagian Zakat, 21 Tewas


Liputan6.com, Pasuruan: Kabar duka datang dari Kota Pasuruan, Jawa Timur, Senin (15/9). Dua puluh satu orang tewas dan puluhan lainnya tak sadarkan diri akibat berdesak-desakan saat pembagian zakat oleh Haji Syaikon, seorang dermawan di Pasuruan. Korban tewas maupun luka-luka, kini sudah dibawa ke Rumah Sakit dokter Sudarsono, Pasuruan.

Ribuan warga yang sejak pagi sudah berkumpul di dekat halaman rumah Syaikon, langsung berebut masuk untuk mendapatkan uang zakat senilai Rp 30 ribu per orang. Tak sedikit warga yang terjepit dan pingsan akibat berdesak-desakan. Tidak berhenti di situ, saling desak ini pun merenggut korban jiwa.

Saat itu para korban langsung dibawa ke Rumah Sakit dokter Sudarsono di kawasan Purut, Pasuruan. Karena ricuh, pembagian zakat itu kemudian dihentikan.

Pembagian zakat seperti ini selalu diadakan keluarga Haji Syaikon saban tahun, tepatnya setiap hari ke-15 bulan Ramadan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tadi pagi juga dipadati ribuan warga Kota Pasuruan dan sekitarnya.

Karena kegiatan itu tak dilaporkan, polisi mengaku tidak tahu. Alhasil, tidak ada polisi yang diturunkan untuk menjaga dan mengatur antrean warga. Menyusul insiden itu, polisi membawa Haji Syaikon ke Markas Kepolisian Resor Kota Pasuruan guna dimintai keterangannya.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

0 komentar: