Pages

Friday, August 29, 2008

Dampak Positif Global Warming?????

Saat ini bumi kita jadi lebih hangat, sayangnya hangat disini tidak berarti nyaman tetapi bisa dikatakan sangat berbahaya. Suhu bumi yang naik ini telah menyebabkan terganggunya keseimbangan dan ekosistem yang ada di bumi ini. Karena bumi kita ini punya keseimbangan alam maka setiap 0,1 derajat celcius saja bisa bikin sebagian alam ini jadi rusak. Karena itu bumi ini sedang ngalami Pemanasan Global atau Global Warming. Tentunya kita sudah tidak asing lagi kan sama yang namanya Global Warming. Sebenarnya apa sih penyebab Global Warming itu sendiri??....

Global Warming adalah keadaan naiknya suhu bumi akibat gas-gas efek rumah kaca yang berbahaya. Tapi apa sih sebenarnya efek rumah kaca itu sendiri?? Yang dimaksud efek rumah kaca disini yaitu kemampuan bumi untuk memantulkan kembali gas-gas yang perlu diserap oleh bumi.Namun saat ini gas-gas yang dipantulkan kembali ke bumi banyak yang merupakan gas-gas yang berbahaya seperti gas sisa pembuangan Freon dan gas sisa pembakaran batu bara.Yang jelas efek dari Global Warming sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi ini.

Pernah nonton film The Day After Tomorrow gak? Nah itu gambaran akibat Global Warming. Akibat dari Global Warming itu sendiri yaitu mencairnya es abadi yang ada di kutub yang dapat menyebabkan rusaknya ekosistem kutub dan naiknya permukaan air laut. Selain itu dapat diprediksikan bahwa pada tahun 2050 kita akan sulit menemukan air besih maupun udara yang bersih. Tentunya kita tidak mau kan kalau anak cucu kita mengalami krisis air dan udara bersih. Kekeringan juga akan terjadi yang juga berarti kelaparan mewabah. Begitu mengkhawatirkannya keadaan bumi saat ini, karena itu kita harus mulai peduli dengan bumi kita karena kitalah yang memegang peran penting tuk menyelamatkan kelangsungan hidup bumi.

Mulai sekarang kita harus sadar tuk menjaga kelestarian lingkungan ini yaitu bisa dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi pemakaian plastic dan menggantinya denga memakai barang-barang recycle, menghemat air, tanam seribu pohon, dan tentunya kita musti mengajak teman-teman kita tuk mulai bertindak hijau karena saat ini nasib bumi kita ada dalam genggaman kita.

Eit.....Tpi nggak selamanya Global Warming memiliki dampak negatif Lho!!
Kenapa?
Karena adanya Global Warming secara tidak langsung seluruh anggota dunia telah melaksanakan perdamaian dunia dan memperkuat tali persaudaraan satu sama lain.
Kita (seluruh dunia) yang sudah tahu betul dampak negatif dari pemanasan global bagi bumi ini, memiliki rasa takut yang sama. Kita juga punya kekhawatiran yang sama akan nasib anak cucu kita. Kesamaan nasib inilah yang mendorong kita untuk, bersama-sama melangkahkan kaki untuk visi dan misi yang sama yaitu menyelamatkan bumi tercinta ini.

Akhir tahun lalu seluruh perwakilan negara-negara melakukan pertemuan besar di Bali untuk membicarakan penanggulangan masalah ini. Satu sama lain kita saling bertukar pikiran berbagai macam cara agar pemanasan global ini tidak terus berlanjut.

Global warming telah merubah iklim dan arah bertiupnya angin musiman memiliki dampak yang kompleks pada negara yang bergantung pada hasil tani dan hasil laut. Hal ini juga menjadi pembicaraan pada pertemuan yang dilaksanakan di Bali. Seluruh anggotanya berunding untuk memecahkan masalah ini.

Tampak dari penjelasan di atas, dengan adanya masalah ini, kita semua merasa senasib dan sepenanggungan. Bahkan keharmonisan ini tak sampai disini saja, setelah konferensi tersebut berlangsung semuanya sepakat akan membentuk lembaga dunia yang menghimbau, melaksanakan, serta menghimpun dana penghijauan, karena penghijauan di lahan-lahan tandus mempunyai dampak penanggulangan yang cukup besar.